Halaman

Advertising

Selasa, 25 Desember 2012

JANTUNG MOBIL LISTRIK

warta techno : Bagian dalam Mobil Listrik



Di dalam sebuah Mobil Listrik


Jantung dari mobil listrik adalah kombinasi dari:

     Motor listrik
     Motor kontroler
     baterai
Sebuah controller DC sederhana terhubung dengan baterai dan motor DC. Jika pengemudi menginjak pedal gas, controller memberikan 96 volt penuh dari baterai ke motor. Jika pengemudi melepas kakinya dari pedal gas, controller memberikan nol volt ke motor. Setiap pengaturan  controller "daging" perlu 96 volt ribuan kali per detik untuk menciptakan tegangan rata-rata di suatu tempat antara 0 dan 96 volt.
 Controller mengambil daya dari baterai dan memberikan kepada motor. Pedal gas kait untuk sepasang potensiometer (resistor variabel), dan dari potensiometer memberikan sinyal yang memberitahu controller berapa besar daya yang seharusnya diberikan. Controller dapat memberikan nol daya (ketika mobil dihentikan), kekuatan penuh (ketika  pengemudi menekan pedal gas), atau tingkat daya di antara.
 Controller biasanya mendominasi adegan ketika Anda membuka kap mesin, seperti yang Anda lihat di sini:


 
300-volt, 50-kilowatt controller untuk mobil listrik ini adalah kotak yang bertanda "AS Electricar."
Dalam mobil ini, controller mengambil di 300 volt DC dari baterai. Ini mengubahnya menjadi maksimum 240 volt AC, tiga-fase, untuk mengirim ke motor. Ia melakukan hal ini dengan menggunakan transistor yang sangat besar yang cepat mengubah tegangan baterai 'on dan off untuk membuat gelombang sinus.

Ketika Anda mendorong di pedal gas, kabel dari pedal menghubungkan ke dua potensiometer:
 Sinyal dari potensiometer memberitahu controller berapa banyak kekuatan untuk menyampaikan ke motor mobil listrik. Ada dua potensiometer demi keamanan. Controller membaca baik potensiometer dan memastikan bahwa sinyal mereka adalah sama. Jika  tidak, maka kontroler tidak beroperasi. Pengaturan ini untuk menjaga  situasi di mana potensiometer gagal dalam posisi penuh-on.
 
Pekerjaan pengawas dalam mobil listrik DC mudah dimengerti. Mari kita asumsikan bahwa baterai mengandung 12-volt baterai, kabel secara seri untuk membuat 144 volt. Controller mengambil di 144 volt DC, dan memberikan ke motor dengan cara yang terkontrol.
 Controller DC sangat sederhana akan menjadi besar on / off beralih kabel ke pedal gas. Ketika Anda menekan pedal, itu akan menghidupkan saklar on, dan ketika Anda mengambil kaki Anda dari pedal, itu akan mematikannya. Sebagai sopir, Anda harus mendorong dan melepaskan pedal gas pulsa motor dan mematikan untuk mempertahankan kecepatan tertentu.
Kabel berat (di sebelah kiri) menghubungkan baterai ke controller. Di tengah adalah kabel besar on / off switch. Bundel kabel kecil di sebelah kanan membawa sinyal dari termometer terletak di antara baterai, serta kekuatan untuk menjaga baterai tetap dingin dan berventilasi.
 Controller membaca pengaturan dari pedal gas dari potensiometer dan mengatur daya yang sesuai. Katakanlah bahwa Anda hanya menekan pedal gas  setengah, maka Controller akan membaca pengaturan dari potensiometer dan cepat beralih daya ke motor dan mematikan sehingga pada separuh waktu dan mematikan separuh waktu yang lain Jika Anda memiliki pedal gas 25 persen dari jalan ke bawah, pulsa pengendali kekuasaan sehingga pada 25 persen dari waktu dan mematikan 75 persen dari waktu.
 Kebanyakan pengendali pulsa memiliki kekuatan lebih dari 15.000 kali per detik, untuk menjaga denyut di luar jangkauan pendengaran manusia. Arus berdenyut menyebabkan perumahan motor  bergetar pada frekuensi tersebut, sehingga akan berdenyut di lebih dari 15.000 siklus
 Sebuah pengontrol AC kait untuk motor AC. Menggunakan enam set transistor daya, controller mengambil di 300 volt DC dan menghasilkan 240 volt AC, 3-fase. Lihat Bagaimana Power Grid Bekerja dengan 3-phase power. Controller tambahan menyediakan sistem pengisian untuk baterai, dan konverter DC-to-DC untuk mengisi ulang baterai aksesori 12-volt.
 Kontroler DC yang paling banyak digunakan dalam mobil listrik berasal dari industri Forklift Listrik. Controller Hughes AC terlihat pada foto di atas adalah jenis yang sama dengan AC controller yang digunakan dalam kendaraan GM / Saturn-1 EV listrik. Hal ini dapat memberikan maksimal 50.000 watt untuk motor.

Tidak ada komentar: