Halaman

Advertising

Sabtu, 30 Maret 2013

sistem electrical pada mobil surya

warta techno : solar car and system electricity


SOLAR CAR ELECTRICAL SYSTEM

sistem kelistrikan pada mobil surya





Di jantung dari setiap mobil bertenaga surya, adalah  sistem kelistrikan. Ini terdiri dari baterai dan elektronika daya untuk mengendalikan dan mengelola semua kekuatan yang masuk dan keluar sistem - array surya untuk pasokan dan motor sebagai pengguna akhir.


           

1. Chassis - and seating
2. Mechanics - suspension, steering, brakes
5. Solar Array - usually part of body
7. Electrical System - and instruments
8. Driver Controls - switches, lighting, etc
9. Bodywork - Screen, etc

Baterai setara dengan tangki bensin di mobil IC konvensional. Sebuah mobil surya menggunakan baterai untuk menyimpan energi yang akan digunakan pada beberapa waktu kemudian dan juga sebagai perangkat meratakan beban. Mobil surya mulai ras dengan kemasan baterai terisi penuh, tapi setelah awal, hanya energi yang dihasilkan oleh array surya dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai. Jumlah maksimum baterai yang dapat digunakan,dibatasi oleh aturan berat yang ditetapkan untuk setiap jenis baterai. Baterai yang paling sering digunakan adalah:
-Lead-Acid
-Nickel-Metal Hydrid (NiMH)
-Nickel-Cadmium (NiCad)
-lithium Ion
-lithium Polymer

NiCad, NiMH, dan baterai Lithium menawarkan daya ditingkatkan untuk rasio berat badan baterai,
sedangkan  Lead-Acid adalah baterai yang lebih umum, tetapi mereka kurang efisien, terbukti dengan teknologinya yang membutuhkan perawatan yang cermat dan lebih mahal. Meskipun, dalam beberapa tahun terakhir harga telah turun dan kehandalan yang jauh lebih baik.

Kemasan baterai terdiri dari sel-sel beberapa individu atau modul kabel bersama-sama untuk menghasilkan tegangan sistem yang diperlukan. Kata "baterai" berasal dari sejumlah senjata, "baterai", disatukan. Umumnya, tim menggunakan tegangan sistem antara 84 dan 108 volt, tergantung pada sistem listrik mereka. Beberapa tim berjalan lebih rendah 48 atau 60 volt sistem. Jelas, semakin tinggi tegangan, semakin kompleks dan tegangan yang lebih tinggi biasanya berarti efisiensi sistem yang lebih baik secara keseluruhan.
            
Peak Power tracker

Beberapa komponen yang paling canggih di dalam mobil surya adalah elektronika daya. Mereka termasuk pelacak daya puncak, controller motor, dan sistem akuisisi data. Fungsi utama dari elektronika daya adalah untuk memantau dan mengontrol listrik dalam sistem.

Kekuatan Kondisi pelacak puncak listrik yang berasal dari array surya untuk memaksimalkan kekuatan dan mengirimkannya baik ke baterai untuk penyimpanan atau ke controller untuk motor penggerak. Ketika array surya melakukan pengisian baterai, pelacak daya puncak akan membantu melindungi baterai agar tidak rusak oleh pengisian yang berlebihan. Jumlah pelacak puncak kekuasaan digunakan dalam mobil surya bervariasi dengan desain masing-masing tim. Pelacak puncak kekuasaan bisa sangat ringan dan biasanya mencapai efisiensi di atas 95%.

   

Kontroler motor menangani listrik yang dikirim ke motor berdasarkan sinyal input yang datang dari akselerator pengemudi. Elektronika daya yang digunakan untuk mengelola listrik dalam kontroler motor adalah subjek untuk penjelasan secara teknis di luar lingkup pengantar umum. Subjek dan seperti daerah tertentu sebagian besar desain, adalah subjek spesialis. Ada berbagai jenis motor controller untuk bekerja dengan berbagai jenis motor lain yang dirancang untuk bekerja dengan motor itu. Semua tim menggunakan beberapa jenis motor controller dan yang terbaik adalah lebih dari 90% efisien. Beberapa pengendali DC dan beberapa pengendali AC.
          
Stasiun pengisian fuell cell pada solar car/electric car

Banyak pesaing sekarang menggunakan sistem akuisisi data yang canggih yang memantau sistem listrik keseluruhan, termasuk array surya, baterai, motor controller dan motor. Sebuah tim perlu memonitor tegangan baterai sebagai dasar minimum. Data yang diterima dari sistem akuisisi mungkin sangat berguna dalam perencanaan strategi tim Mobil Surya anda. Informasi ini juga bisa mencegah potensi masalah berkembang di dalam mobil. Pada akhirnya, pengemudi harus menafsirkan instrumen dan tim pendukungnya memantau mobil mereka dari jarak jauh menggunakan telemetri (transmisi data nirkabel).


 
sumber by : Nelson Kruschandl dan di berdayakan kembali by blogger

Tidak ada komentar: