Halaman

Advertising

Selasa, 26 Maret 2013

SEBERAPA KECEPATANNYA MOBIL SURYA ?

warta techno : Seberapa Kecepatan sebuah Mobil Surya ?


SEBERAPA CEPAT SEBUAH MOBIL SURYA PERGI ?

 

Sementara mobil bertenaga surya  masih  menjadi bagian dari cerita fiksi ilmiah bagi kebanyakan dari kita, beberapa insinyur berpikiran maju  telah merancang dan membangun mobil surya mereka selama bertahun-tahun. Tetapi untuk merancang mobil yang berjalan pada tenaga surya masihlah masuk daftar urutan yang tinggi.

 
  The Dream Honda mobil balap surya produksi  Honda saat melalui Australia sebagai bagian dari World Solar Challenge. 
AP Photo / Steve Holland

 Solar panel tidaklah sangat efisien - panel surya yang paling komersial hanya bisa memberikan rating efisiensi sekitar 15 persen saja. Itu berarti panel surya hanya mampu mengkonversi 15 persen dari sinar matahari yang diterimanya menjadi listrik. Namun beberapa produsen telah berhasil mendapatkan hingga 42 persen efisiensi energi surya dalam tes laboratorium.
 

Mobil bertenaga surya  menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya, bukan mesin berpembakaran internal. Dan  mobil bertenaga suryapun  sifat materialnya ringan, hanya satu orang dalam 1 kendaraan. Kendaraan cenderung datar dan lebar untuk memaksimalkan luas permukaan, sementara  aerodinamis kendaraan haruslah diperhitungkan. Banyak mobil bertenaga surya hanya  memiliki kecepatan maksimum antara 40 hingga 60 mil per jam (64,4 hingga 96,6 kilometer per jam).

NamunTim Mobil Surya dari University of Michigan pada tahun 2010 yang lalu yang dinamakan Infinium, dilaporkan mampu mencapai kecepatan Memecahkan Rekor 105 mil per jam (169 kilometer per jam) selama perlombaan kualifikasi untuk Solar Challenge Amerika, sebuah ajang perlombaan mobil bertenaga surya tahunan di negeri Paman Sam sana.

Tim Mobil Surya dari The University of Michigan tersebut melanjutkan untuk memenangkan Challenge 2010 Mobil Surya Amerika. Perlombaannya selama  enam hari dengan menempuh jarak 1.100 mil  (1.770 kilometer) yang ditempuh  mobil dengan kecepatan rata-rata 40 mil per jam (64,4 kilometer per jam) pada rute yang termasuk persimpangan dengan lampu berhenti.

Dengan semakin meningkatnya teknologi panel surya , kita dapat melihat para insinyur memasukkan teknologi ini ke dalam desain kendaraan listrik lainnya. Sementara mobil di ras surya tidak dimaksudkan pemakainya untuk sopir rata-rata, kendaraan listrik lainnya dapat menggunakan tenaga surya untuk memperpanjang jarak tempuh mereka. Mereka dapat melakukan perjalanan sebelum membutuhkan stasiun pengisian. Kendaraan tersebut tidak akan ketat bertenaga surya. Tapi mungkin membantu menjembatani kesenjangan antara mobil balap prototipe dan kendaraan praktis. Hal ini juga dapat memberikan kecepatan driver hijau bahkan lebih - Bahkan Tesla Roadster, mobil sport listrik, mampu memiliki kecepatan tertinggi 125 mil per jam (201,2 kilometer per jam)!
 Nahh!


sumber  by: Jonathan Strickland dan diberdayakan kembali by blogger


Tidak ada komentar: