Halaman

Advertising

Kamis, 03 Januari 2013

Charging/Pengisian Mobil Listrik

warta techno :  Pengisian / charging mobil listrik



Pengisian Mobil Listrik


Setiap mobil listrik yang menggunakan baterai membutuhkan sistem pengisian untuk mengisi ulang baterai. Sistem pengisian memiliki dua tujuan:

    - Untuk memompa listrik ke dalam baterai secepat baterai memungkinkan
    - Untuk memantau dan menghindari kerusakan
baterai selama proses pengisian

Membuka pintu pengisi gas mengungkapkan steker pengisian.2.008

    Sistem pengisian paling canggih akan memonitor tegangan baterai, arus dan suhu baterai untuk meminimalkan waktu pengisian. Pengisi mengirimkan arus listrik sebanyak-banyaknya tanpa menaikkan suhu baterai terlalu banyak. Pengisi yang kurang canggih mungkin hanya memonitor tegangan atau arus listrik saja dan membuat asumsi tertentu tentang karakteristik baterai rata-rata. Sebuah charger seperti ini mungkin hanya berlaku mengisi arus ke baterai maksimum  sampai  80 persen dari kapasitas mereka, dan kemudian memotong kembali  beberapa tingkat preset untuk 20 persen terakhir untuk menghindari overheating baterai.
    Mobil listrik Jon Mauney sebenarnya memiliki dua sistem pengisian yang berbeda. Salah satu sistem menerima tenaga 120-volt atau 240 volt dari outlet listrik normal. Yang lainnya adalah sistem pengisian Magna-Charge induktif dipopulerkan oleh kendaraan GM / Saturnus EV-1. Mari kita lihat masing-masing sistem secara terpisah.

Sistem pengisian rumah tangga biasa memiliki keuntungan kenyamanan - di mana pun Anda dapat menemukan jalan keluar, Anda dapat mengisi ulang. Kerugiannya adalah waktu pengisian.

Sebuah rumah tangga biasa 120-volt stopkontak biasanya memiliki pemutus sirkuit 15-amp, yang berarti bahwa jumlah maksimum energi yang
bisa dikonsumsi  mobil   sekitar 1.500 watt, atau 1,5 kilowatt-jam per jam. Karena baterai di mobil Jon Mauney biasanya membutuhkan 12 sampai 15 kilowatt-jam untuk mengisi ulang penuh, itu bisa memakan waktu 10 sampai 12 jam untuk mengisi penuh kendaraan menggunakan teknik ini.

Dengan menggunakan sirkuit 240-volt (seperti outlet listrik untuk pengering), mobil mungkin bisa menerima 240 volt pada 30 amp, atau 6,6 kilowatt-jam per jam. Susunan ini memungkinkan 
pengisian secara signifikan lebih cepat, dan sepenuhnya dapat mengisi ulang baterai dalam empat sampai lima jam.
 Close-up dari steker

Pada bagian berikutnya kita akan melihat sistem Magna-Charge.
    Dalam mobil ini, pengisi daya dibangun ke controller. Dalam kebanyakan rumah-minuman mobil, pengisi adalah kotak terpisah yang terletak di bawah tenda, atau bahkan bisa menjadi unit berdiri bebas yang terpisah dari mobil.


 Pasang mobil di mana saja untuk mengisi ulang.

Foto milik Jon Mauney


Tidak ada komentar: